Sabtu, 11 Oktober 2008

Opera 9.6: Semakin Cepat dan Kaya Fitur



Salah satu browser alternatif populer Opera telah mengeluarkan versi 9.6 yang mengantarkan kinerja lebih tinggi, beberapa fitur baru dan perbaikan sejumlah bug. Berbekal berbagai fitur menarik dari versi sebelumnya yang membuat beberapa pihak berpendapat kalau Opera masih layak bersaing dalam browser wars 2.0, versi mutakhir ini mengemas kemampuan lebih, memberikan fitur-fitur yang hanya didukung oleh aplikasi pihak ketiga pada kebanyakan browser lain.

Sinkronisasi Lebih Baik

Opera Link, fitur yang mensinkronisasikan konfigurasi Opera pada beberapa komputer sekaligus (mirip dengan Mozilla Weave, tetapi sudah dikemas ke dalam Opera) telah dikembangkan lebih lanjut untuk mendukung custom search engine dan semua riwayat web yang pernah Anda ketik selain Speed Dial, Bookmark dan lain-lain yang telah didukung sebelumnya.

Feed Previews



Fitur feed preview baru memungkinkan Anda untuk melihat konten RSS sebuah situs sebelum memutuskan untuk berlangganan pada RSS reader di dalam Opera Anda. Berbeda dengan kebanyakan browser lain yang menampilkan Feed dalam bentuk list, Opera menampilkan RSS dalam tampilan yang mirip majalah sehingga dapat dibaca dengan lebih mudah. Fitur ini sangat berguna, dan apabila Anda menyukai tampilan ini, Anda juga dapat mem-bookmark halaman RSS ini untuk membaca situs favorit Anda dalam tampilan majalah.

Low-Bandwidth Email

Aplikasi email yang dikemas ke dalam Opera juga mendapatkan beberapa fitur baru. Yang pertama adalah mode low-bandwidth yang mengurangi penggunaan bandwidth untuk kinerja email yang optimal. Dalam mode low-bandwidth, Opera 9.6 tidak mengunduh attachment secara otomatis pada akun IMAP sedangkan bagi pengguna POP, hanya 100 baris pertama dari pesan yang muncul, kecuali Anda mengklik pada pesan tersebut. Penggunaan bandwidth yang lebih kecil untuk email berarti pengguna akan menikmati kecepatan browsing yang lebih besar.

Dua fitur baru lainnya dalam Opera Mail adalah opsi "Follow Threads" dan "Ignore Threads." Apabila Anda ingin mengikuti diskusi penting melalui email, memilih opsi "Follow Thread" akan memindahkan semua email yang terkait ke tampilan "Followed Threads" dalam Opera Mail. Sebaliknya apabila Anda tidak tertarik mengikuti diskusi email tertentu, menggunakan opsi "Ignore Thread" tidak akan menempatkan email-email masa depan ke dalam Inbox.

Lain-lain

Opera terbaru ini masih memiliki kestabilan kinerja yang luar biasa seperti Speed Dial, mouse gestures, note-taking, dukungan BitTorrent dan bahkan pengendalian browsing dengan suara. Selain itu, versi terbaru ini juga mengemas peningkatan kecepatan yang signifikan dan perbaikan sejumlah bug.

Screenshot Opera Speed Dial


Artikel ini disadur dari Lifehacker dan DownloadSquad.

Untuk mengunjungi situs Opera, silakan klik di sini.

0 komentar:

Template by:
SkinCorner